CARA MEMBUAT YOGHURT SENDIRI : Percobaan Kimia

Cara membuat yoghurt – Siapa yang tidak suka dengan Yoghurt. Kebanyakan orang pasti suka. Tahu nggak, yoghurt itu sebenarnya mengandung protein dan lemak, yang juga merupakan sistem koloid? Ah tapi sekarang yang akan kita bahas bukan itu hehe. Sekarang kita akan membahas tentang cara membuat yoghurt sendiri, langsung aja ya ke TKP.

CARA MEMBUAT YOGHURT SENDIRI

cara membuat yoghurt

A. Alat dan bahan Membuat Yoghurt

  1. Panci
  2. Kompor
  3. Sendok untuk mengaduk
  4. Termometer
  5. Susu cair UHT 1.100mL
  6. Bibit yoghurt tanpa rasa ½ cangkir

B. Langkah Kerja Membuat Yoghurt

  1. Susu dipanaskan secara tidak langsung dengan menggunakan wadah. Digunakan api sedang dan diangkat sesaat sebelum mendidih.
  2. Susu tersebut didinginkan hingga suhunya sama dengan suhu ruang, kemudian bibit yaghurt dimasukkan dan diaduk hingga tercampur rata.
  3. Campuran tersebut didiamkan pada suhu ruang. Jauhkan dari debu dan goyangan. Sebaiknya disimpan di dalam stoples yang tertutup rapat.
  4. Proses perubahan susu menjadi yoghurt bervariasi. Apabila menginginkan rasa yang tidak terlalu asam dan agak cair, susu didiamkan selama 3 – 6 jam. Untuk mendapatkan rasa yang lebih asam dan yoghurt yang kental, susu didiamkan dengan waktu yang lebih lama. Tetapi yoghurt akan semakin asam jika disimpan lebih lama lagi dan dapat digunakan sebagai biang untuk membuat yoghurt baru.
  5. Yoghurt dapat diberi bermacam – macam rasa sesuai selera.

Catatan untuk cara membuat yoghurt:

  • Yoghurt yang baik memiliki bau yang khas seperti susu asam dan teksturnya lembut serta cairan tidak terpisah.
  • Apabila menginginkan yoghurt yang kental dapat ditambahkan susu bubuk pada susu cair sebelum dipanaskan.
  • Bibit yang baik berasa sangat asam dan kental.

Yummy, jadi ngiler nih. Gimana penasaran pengen coba buat sendiri?

Demikianlah tulisan mengenai cara membuat yoghurt sendiri ini, mudah – mudahan bermanfaat. Jika ada masukan ataupun saran silahkan berkomentar ya.

Sumber:

Suharsini, M., Saptarini, D., dan Heryati, S.H.A. (2007). Kimia dan Kecakapan Hidup; Pelajaran Kimia  untuk SMA / MA. Ganeca exact: Jakarta

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *