Catalytic Converter, Katalisator Pencegah polusi Udara pada Knalpot Kendaraan

Di dalam knalpot kendaraan terdapat yang namanya catalytic converter, fungsinya untuk mencegah polusi udara. Ikuti penjelasan mengenai catalytic converter di bawah ini.

Catalytic Converter, Katalisator Pencegah polusi Udara pada Knalpot Kendaraan

Ada yang tau kalo di dalam kanlpot itu isinya ada apa? Atau fungsinya buat apa?

CATALYTIC CONVERTER

Gas buang kendaraan bermotor merupakan sumber utama polusi udara yang mengandung gas berbahaya seperti gas CO, NO, dan NO2. Gas CO berbahaya karena dapaat meracuni darah, sedangkan gas NO, dan NO2 bertanggung jawab atas terbentuknya lubang ozon dan hujan asam. Selain gas-gas tersebut, asap kendaraan juga mengandung timbal yang berasal dari zat aditif pada bensin.

Berbagai cara telah dilakukan untuk mencegah polusi tersebut, tetapi belum ada cara yang terbaik. Salah satu cara untuk menghilangkan polusi timbal adalah mengganti bahan bakar dengan bensin tanpa timbal.

Untuk mencegah terbentuknya gas – gas berbahaya pada gas buang kendaraan bermotor, salah satu penelitian yang dilakukan merekomendasikan untuk mengkondisikan agar terjadi reaksi antara gas CO dengan gas NO dan reaksi antara hidrokarbon dengan gas NO2.

2CO(g) + 2NO(g) → 2CO2(g) + N2(g)

CH4(g) + 2NO2(g) → CO2(g) + N2(g) + 2H2O(g)

Reaksi tersebut hanya dapat berlangsung pada suhu yang sangat tinggi, sedangkan pada suhu tersebut mesin bekerja tidak efektif. Oleh karena itu, diperlukan suaatu katalis yang dapat mempercepat reaksi tersebut pada suhu rendah.

Dari penelitian telah ditemukan suatu katalis yang terbuat dari campuran logam platina dan rhodium (Pt-Rh). Katalis tersebut dipasang pada knalpot kendaraan dan dibentuk seperti sisir. Dari hasil penelitian tersebut ternyata katalis mampu bekerja dengan baik pada suhu 400oC dan dapat bertahan sampai 50.000 mil (kurang lebih 80.000 km).

Di negara maju yang sangat memperhatikan masalah lingkungan, setiaap kendaraan diwajibkan untuk memasang katalis ini pada knalpot yang dikenal sebagai catalytic converter.

 

Demikian ulasan mengenai catalytic converter yang dipakai pada knalpot kendaraan untuk mencegah polusi udara. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

 

Sumber:

Sudarmo, U.(2013). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XI, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Erlangga: Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *