HUKUM DASAR ILMU KIMIA

Kali ini kita akan membahas hukum dasar ilmu kimia  Kira – kira apa saja ya yang termasuk ke dalamnya. Simak penjelasan berikut ini.

RIM adalah satuan untuk menghitung jumlah kertas pada pembahasan hukum dasar ilmu kimia 
Gambar. RIM adalah satuan untuk menghitung jumlah kertas

Banyak barang-barang yang tidak dijual perbiji, misalnya sepatu, sandal dan kaus kaki, kertas, piring, dan sendok. Sandal, kaus kaki, dan sepatu dijual perpasang, kertas biasanya per 1 rim, sedangkan piring atau sendok per 1 lusin. Pasang, rim, dan lusin merupakan satuan untuk menyatakan jumlah suatu benda. Ahli kimia juga menggunakan satuan yang dinamakan mol untuk menyatakan jumlah partikel dalam suatu zat. Konsep membantu dan mempermudah kita dalam melakukan perhitungan kimia dan penentuan rumus kimia zat. Konsep mol, perhitungan kimia, dan penentuan rumus kimia didasari oleh hukum – hukum dasar ilmu kimia, yaitu :

  1. Hukum kekekalan massa,
  2. Hukum perbandingan tetap,
  3. Hukum perbandingan berganda,
  4. Hukum perbandingan volume, dan
  5. Hipotesis Avogadro.

Teori atom Dalton yang dikembangkan pada awal tahun 1800 menjadi dasar perkembangan ilmu kimia, terutama dalam menjelaskan reaksi-reaksi kimia. Perkembangan teori atom Dalton tidak terlepas dari penyelidikan para ahli kimia pada akhir abad ke-17. Mereka menyelidiki hubungan antara jumlah zat hasil reaksi dan jumlah zat pereaksi. Penyelidikan yang mereka lakukan melahirkan hukum – hukum dasar ilmu kimia, yaitu Hukum kekekalan massa, Hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, Hukum perbandingan Volume, dan Hipotesis Avogadro.

Bagaimana keempat hukum dasar ilmu kimia ini bisa muncul? Para ahli kimia melakukan eksperimennya dilaboratorium, dimana dalam kerjanya mereka menggunakan metode ilmiah, yaitu suatu metode yang apabila dikerjakan oleh orang lain akan menghasilkan hasil yang sama. Dari hasil pengamatan eksperimennya, para ahli membuat suatu kesimpulan yang kemudian dijadikan suatu hukum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *