KEGUNAAN ALKANA

KEGUNAAN ALKANA

Kegunaan alkana sebenarnya dapat ditentukan dengan melihat jumlah atom karbon yang dimilikinya.

1. Empat alkana yang pertama (metana, etana, propana dan butana) digunakan untuk bahan bakar dengan tujuan untuk memanaskan dan memasak, dan di beberapa negara digunakan untuk pembangkit listrik. Metana dan etana merupakan komponen utama gas alam (LNG, Liquefied Natural Gas), dimana metana dan etana ini biasanya disimpan sebagai gas yang diberi tekanan tinggi, sehingga nantinya akan berwujud cair. Dalam wujud cair tentu pengelolaannya atau pengangkutannya lebih mudah ketimbang ketika dalam wujud cair. Namun untuk memperolehnya dalam wujud cair diperlukan tekanan tinggi dan pendinginan (penurunan suhu).

2. Propana dan butana dapat dicairkan pada tekanan yang cukup rendah, dan dikenal sebagai bahan bakar gas cair (LPG, Liquefied Petroleum Gas). Propana, misalnya, digunakan dalam kompor gas propana dan sebagai bahan bakar untuk mobil. Butana digunakan sebagai korek api gas. Kedua alkana ini juga digunakan sebagai propelan dalam semprotan (spray) aerosol.

kegunaan alkana - elpiji

3. Pada deretan alkana, dari pentana ke oktana sifatnya adalah cairan yang cukup volatile (mudah menguap). Mereka mereka ini digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin pembakaran pada wadah yang tertutup, karena mereka mudah menguap yang kemudian masuk ke ruang bakar (combustion chamber) tanpa membentuk tetesan. Hal ini sangat baik, karena jika dalam bentuk tetesan, maka dapat merusak keseragaman pada proses pembakaran. Alkana yang rantainya bercabang lebih disukai karena mereka kecil kemungkinannya terjadi pembakaran yang prematur (lebih dini). Kalau pembakaran terlalu cepat alias prematur, maka bisa menyebabkan ketukan (knocking). Biasanya yang menyebabkan ketukan ini adalah alkana yang  berantai lurus. Untuk mengukur kualitas pembakaran atau seberapa prematur terjadinya pembakaran ini digunakan nilai atau angka oktan, di mana 2,2,4-trimetilpentana (isooktana) memiliki angka oktan 100, dan heptana memiliki nilai nol. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai angka oktan ini, silahkan baca pula tentang bensin ya.

4. Pada deretan alkana, dari nonana ke heksadekana (alkana dengan enam belas atom karbon) memiliki sifat berupa cairan dengan viskositasnya tinggi (kental), sehingga sangat kurang cocok jika digunakan sebagai bensin. Alkana – alkana ini digunakan sebagai komponen utama pada bahan bakar diesel dan bahan bakar penerbangan. Jika pada bensin digunakan bilangan oktan untuk mengukur kualitasnya, maka ukuran kualitas bahan bakar diesel digunakan bilangan cetane. Bilangan cetane ini merujuk pada heksadekana (kalau bilangan oktan merujuk pada isooktan). Namun, titik leleh yang tinggi dari heksadekana ini dapat menyebabkan masalah pada suhu rendah terutama di daerah kutub, di mana bahan bakar menjadi terlalu kental/ keras.

5. Senyawa alkana dari heksadekana ke atas biasanya paling banyak digunakan sebagai bahan bakar minyak dan minyak pelumas. Selain itu senyawa alkana ini dapat berperan sebagai agen anti-korosif, karena sifatnya yang hidrofobik (benci air) sehingga bisa melindungi permukaan logam dari air. Untuk senyawa – senyawa alkana ini biasanya dalam bentuk padatan yang dimanfaatkan sebagai lilin.

6. Alkana yang memiliki panjang rantai sekitar 35 atau lebih atom karbon biasanya ditemukan pada aspal, yang digunakan pada permukaan jalan. Namun, semakin panjang rantai karbonnya, maka nilainya (valuenya) semakin berkurang pula, sehingga biasanya dipecah melalui proses cracking.

Selain beragam manfaat di atas, kegunaan alkana lainnya adalah sebagai polimer, yang jumlah dan jenisnya sudah tak terhitung banyaknya.

Demikian ulasan mengenai kegunaan alkana.

Mengenai pembahasan alkana sebenarnya cukup panjang, sehingga saya pisahkan supaya lebih pendek dan fokus terhadap kebutuhan pembaca. Pembahasan alkana meliputi:

  1. Rumus Alkana (rumus umum alkana), deret homolog alkana
  2. Tata nama Alkana
  3. Isomer alkana
  4. Sifat Alkana : Sifat kimia alkana dan sifat fisika alkana
  5. Kegunaan alkana

Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

Sumber:

—.(2015). Alkane.[Online]. Tersedia di: https://en.wikipedia.org/wiki/Alkane#Applications. Diakses 21 November 2015

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *