KEGUNAAN ALKOHOL

Kegunaan alkohol dalam kehidupan sehari – hari cukup banyak dengank berbagai tujuan.  Pada tulisan kali ini pembahasan mengenai kegunaan alkohol akan dibatasi pada beberapa senyawa saja, metanol, etanol, etilen glikol dan gliserol.

KEGUNAAN ALKOHOL

kegunaan alkohol - spirtus
Metanol biasa digunakan sebagai bahan bakar, spirtus

1. Metanol

Metanol, (CH3OH) sering disebut dengan alkohol kayu (wood alcohol) karena pada awalnya dibuat dari distilasi kering pada kayu. Proses pembuatan metanol secara sintesis di dunia industri dilakukan melaui reaksi antara karbon monoksida (CO) dan gas hidrogen (H2) pada temperatur dan tekanan tinggi. Reaksi pembuatan metanol ini menggunakan katalis, contohnya Fe2O3.

CO(g) + H2(g) → CH3OH (dengan bantuan Fe2O3)

Metanol sangat beracun, dapat menyebabkan kebutaan. Metanol banyak digunakan sebagai bahan baku etanol dan bahan polimer. Metanol juga banyak digunakan sebagai peencampur bensin maupun spirtus. Sebagai bahan bakar, metanol mempunyai keunggulan dibandingkan bensin, yaitu proses pembakarannya bisa lebih sempurna, tetapi biaya produksinya lebih mahal.

2. Etanol

Alkohol yang kita sebut sehari – hari adalah etanol, dengan rumus struktur C2H5OH. Etanol diproduksi dengan proses fermentasi karbohidrat, misalnya fermentasi ubi kayu yang sering disebut dengan pembuatan tape. Proses perubahan karbohidrat menjadi etanol dilakukan dengan bantuan enzim.

Karbohidrat → C6H12O6 → 2CH3CH2OH + 2CO2(g)   (dengan bantuan enzim)

                              Glukosa           etanol

Proses ini menghasilkan energi yang dimanfaatkan oleh mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang biak. Proses fermentasi tidak bisa menghasilkan etanol dengan konsentrasi tinggi. Hal ini disebabkan pada konsentrasi alkohol lebih dari 15% maka mikroorganisme akan mati. Untuk itu, biasanya hasil proses fermentasi ditingkatkan konsentrasi alkoholnya dengan teknik distilasi. Di dunia industri, etanol diproduksi secara besar – besaran dengan reaksi adisi air dan etena pada temperatur 280oC dan tekanan 300 atmosfer.

CH2 = CH2 + H2O → CH3CH2OH        (dengan katalis H2SO4)

       Etena                        etanol

Etanol banyak digunakan sebagai pelarut organik dan bahan baku untuk senyawa industri seperti pewarna, obat sintesis, bahan kosmetik, bahan peledak, bahan bakar, dan minuman beralkohol (anggur dan bir). Etanol tidak bersifat racun, tetapi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan mabuk, karena etanol bekerja dengan aktivitas otak. Dampak lain dari sistem kerja alkohol adalah mengakibatkan kecanduan.

3. Etilen Glikol dan Gliserol

Polialkohol yang mempunyai dua gugus –OH diberi nama alkanadiol, contohnya 1,2-etanadiol (etilen glikol), sedangkan polialkohol dengan tiga gugus –OH diberi nama alkanatriol, contohnya 1,2,3-propanatriol (gliserol).

Etilen glikol atau biasa disebut glikol sajaa termasuk alkohol alifatik dengan dua gugus hidroksil. Istilah glikol berasal dari bahasa Yunani glykis yang berarti manis. Etilen glikol merupakan zat cair tidak berwarna, larut dalam air, berasa manis, titik didih 198oC dan bersifat racun. Glikol dapat membeku pada suhu rendah (-11,5 oC) sehingga glikol biasa digunakan sebagai bahan anti beku pada radiator mobil. Dalam industri, etien glikol digunakan sebagai pelarut cat, bahan pelembut, bahan dasar industri serat sintesis seperti Dacron. Etilen glikol dapat diperoleh melalui reaksi oksidasi pada etilena, dilanjutkan dengan hidrolisis pada suasana asam.

kegunaan alkohol - etilen glikol

Gliserol berasal dari kata Yunani glykeros yang berarti manis. Gilserol atau disebut juga sebagai gliserin, merupakan zat cair kental dengan titikleleh 18 oC dan titik didih 290 oC, bersifat higroskopis, dan berasa manis. Gliserol merupakan hasil samping pembuatan sabun.

kegunaan alkohol

Gliserol banyak digunakan untuk pembuatan kosmetik, pelarut untuk obat, dan pelumas. Selain itu, gliserol digunakan sebagai bahan baku plastik, serat dan hasil nitrasi gliserol akan menghasilkan gliseril trinitrat (nitrogliserin) yang digunakan sebagai bahan peledak.

Demikian ulasan mengenai kegunaan alkohol, jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai alkohol, silahkan kunjungi tulisan alkohol. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

Sumber:

Cahyana, U, Sukandar,D dan Rahmat .(2007). KIMIA Untuk SMA dan MA Kelas XII.  Piranti: Jakarta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *