Kumpulan Soal SBMPTN Kimia dan Pembahasannya

Tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (tes PTN), merupakan suatu seleksi yang paling ketat persaingannya bagi pelajar dan lulusan sekolah menengah yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Mereka sering bingung dalam memulai persiapan karena tidak tahu harus belajar mulai dari mana dan sampai sedalam apa materi pelajaran yang harus dikuasai. Apakah Anda salah satunya?

soal SBMPTN kimia dan pembahasannya

Maka dari itu, kali ini saya akan menyajikan kumpulan soal seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi. Soal – soal yang disajikan, dipilih dari berbagai soal seleksi penerimaan mahasiswa baru mulai dari tes masing – masing perguruan tinggi negeri favorit, SKALU, Proyek Perintis, SIPENMARU, UMPTN, SPMB, SNMPTN, hingga SBMPTN terakhir dan dari berbagai sumber lain.

Jangan bingung dengan nama – nama SKALU, Proyek Perintis, SIPENMARU, dll. Penamaan Tes PTN ini memang cukup banyak karena berubah dari tahun ke tahun. Nih sejarah singkatnya. Dulu pada era 70an peminat yang ingin masuk ke perguruan tinggi sangat banyak, sehingga 5 universitas (UI, ITB, IPB, UGM, dan UNAIR) membuat SKALU, sebagai tes untuk menyeleksinya. SKALU ini berlaku dari 1976 sampai 1979.

Pada perkembangan selanjutnya, SKALU berubah nama menjadi Proyek Perintis Pada tahun 1979 sampai 1983, SIPENMARU pada 1983 sampai 1989, UMPTN (1989-2001), SPMB (2001-2008), SNMPTN (2008-2010). Pada tahun 2011 sampai 2013, sistem SNMPTN ini dirubah, dimana tes dilakukan menjadi dua jalur, yaitu jalur tertulis dan jalur undangan. Pada tahun 2013 sampai sekarang, jalur tertulis diberi nama tersendiri, yaitu SBMPTN, sedangkan untuk jalur undangan, namanya tetap SNMPTN.

Udah cukup kayanya mengenai sejarah singkatnya, sekarang kita bahas tipe soal nya. Berdasarkan pengamatan penulis, ternyata tipe soal yang diujikan pada tes masuk PTN dari tahun ke tahun selalu berkisar pada pola dan hal yang sama. Biasanya soal – soal yang pernah muncul baik dari lintas wilayah ataupun wilayah yang sama diambil untuk soal SBMPTN selanjutnya (sekitar 20% soal SBMPTN).

Soal SBMPTN biasanya terdiri dari tiga tipe yaitu (1) Soal PG, (2) Penyataan + Alasan, dan (3) pilihan 1,2,3,4. Disini Essay tidak termasuk ya. Untuk setiap tipe soal mempunyai cara penyelesaian yang berbeda. Mungkin sudah banyak yang tahu caranya. Namun, jika masih belum mengetahui cara menjawabnya, atau lupa – lupa ingat, silahkan download Petunjuk Khusus Penyelesaian Soal – Soal SBMPTN.

Mohon maaf sebelumnya jika soal belum lengkap, karena sebagian masih dalam proses pengeditan.

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *