Laju Reaksi: Konsep, Rumus, Grafik dan Contoh Soal

 

Ilustrasi bom atom
Gambar Bom atom

Berikut akan dibahas mengenai laju reaksi, pengertian laju reaksi, rumus laju reaksi, konsep laju reaksi, grafik laju reaksi.

Laju Reaksi adalah bagian dari kimia yang mempelajari tentang kecepatan atau waktu yang diperlukan ketika suatu rekasi kimia berlangsung. Kata ‘laju’ merujuk pada perpindahan atau perubahan, kalau di fisika mungkin berhubungan dengan perpindahan suatu benda terhadap waktu. Nah disini (kimia), laju reaksi yang dimaksud adalah perubahan konsentrasi pereaksi/ reaktan terhadap waktu (M/s).

Ada banyak alasan kenapa kita harus mempelajari laju reaksi. Mungkin banyak yang penasaran kenapa laju reaksi bisa berbeda-beda antara reaksi yang satu dengan reaksi lainnya. Misalnya, untuk reaksi berantai pada reaksi nuklir berlangsung pada waktu yang sangat singkat, yaitu sekitar 10-12 sampai 10-6 detik. Di lain pihak reaksi perubahaand ari grafit menjadi berlian (diamond) memerlukan jutaan tahun supaya berubah sempurna. Dalam praktiknya di kehidupan sehari-hari, pengetahuan mengenai laju rekasi berguna untuk merancang pembuatan obat, mengontrol polusi, dan makanan. Di Dunia industri kimia, kita merancang suatu reaksi supaya lebih cepat, sehingga hasil/produknya jadi semakin banyak, ya keuntungan pun otomatis meningkat.

 

Reaktan (pereaksi) Produk (hasil)

 

Dari persamaan rekasi tersebut, memberitahu kita bahwa ketika reaksi berlangsung, reaktan (pereaksi) akan berkurang karena akan berubah menjadi produk (hasil). Seiring berjalan waktu produk bertambah sedangkan pereaksi berkurang.

Supaya lebih jelas, kita simbolkan ya. Misalnya suatu Molekul A berubah menjadi molekul B, dengan reaksi:

A B

Seiring berjalannya waktu, penurunan jumlah molekul A akan sebanding dengan peningkatan jumlah molekul B. Secara umum istilah laju reaksi diungkapkan sebagai perubahan konsentrasi terhadap waktu. Ingat ya jumlah molekul sebanding dengan konsentrasi. Jika masih bingung dengan konsentrasi, silahkan baca lagi tulisan sebelumnya mengenai konsentrasi ya ^.^

Oh iya, satu lagi, ada banyak jenis ungkapan konsentrasi, salah satunya Molaritas. Nah, di konsep laju rekasi ini jenis konsentrasi yang digunakan adalah Molaritas ya.

OK, siap lanjut lagi ya. Untuk reaksi A B bisa juga kita ungkapkan sebagai:

Dimana Δ[A] dan Δ[B] adalah perubahan konsentrasi (molaritas). Karena konsentrasi A berkurang seiring berjalannya waktu, maka Δ[A] nilainya negatif. Sedangkan konsentrasi B bertambah seiring berjalannya waktu sehingga nilainya positif.

Gimana sudah jelaskah? Hayo kita coba dengan contoh soal untuk uji pemahaman

 

contoh soal laju reaksi
contoh soal laju reaksi yang pertama
contoh soal laju reaksi
contoh soal laju reaksi yang kedua

Demikian tulisan mengenai konsep laju reaksi. Jika ada yang ditanyakan ataupun masukan dan saran, silahkan berkomentar ya..^.^

Semoga bermanfaat

 

Sumber: bagus was here

Utami, B. dkk.(2009).KIMIA Untuk SMA/MA Kelas XI Program Ilmu Alam. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Indonesia: Jakarta

Sunarya,Y dan Setiabudi,A. (2009).Mudah dan Aktif Belajar Kimia: Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Indonesia: Jakarta
Protected by Copyscape

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *