MASSA MOLEKUL RELATIF

Massa molekul relatif dapat dicari dari massa atom relatif unsur – unsurnya. Namun jika yang dicari senyawa ion digunakan istilah massa rumus relatif. Berikut penjelasan selengkapnya.

Stanislao Cannizaro - massa molekul relatif
Stanislao Cannizaro

Pada tahun 1858, Stanislao Cannizaro menemukan bahwa teori Avogadro tentang ‘konsep molekul’ dapat digunakan sebagai dasar penentuan massa molekul berbagai gas. Jika dua macam gas yang volumenya sama diukur pada suhu dan tekanan yang sama, maka massa masing – masing gas dapat ditentukan dari massa jenisnya. Misalnya pada 273 K dan 1 atm, massa jenis gas oksigen sebesar 0,0900 g/L, dan massa jenis gas hidrogen sebesar 1,429 g/L. Karena kedua macam gas diukur pada suhu, tekanan dan volume yang sama, maka jumlah molekul kedua gas akan sama. Dengan demikian, massa setiap molekul hidrogen akan sama dengan 0,0900/1,429 kali massa molekul oksigen.

Oleh karena atom oksigen digunakan sebagai standar massa atom pada waktu itu, yaitu 16 s.m.a, maka massa molekul oksigen (O2) adalah 32 s.m.a. dengan demikian, massa molekul hidrogen dapat dihitung sebagai berikut:

Mr H2 = (0,0900/1,4290) x 32 s.m.a = 2,015 s.m.a

Pendapat Cannizaro memperkuatteori ‘molekul’ yang diajukan Avogadro, dan memberikan gambaran nyata tentang komposisi molekul, bahwa molekul unsur merupakan kumpulan atom yang berperilaku sebagai suatu kesatuan dengan komposisi umumnya diatom seperti: Cl2, H2, N2, F2.

Pada saat ini, penentuan massa molekul relatif tidak lagi menggunakan metoda Cannizaro, tetapi didasarkan pada massa atom relatif unsur – unsur penyusunnya. Massa molekul relatif (Mr) suatu senyawa adalah jumlah total dari massa atom relatif unsur – unsur penyusunnya.

Secara sederhananya massa molekul relatif dapat dicari dengan:

Mr AxBy = (x Ar A + y Ar B)

Contoh soal massa atom relatif

Berapa massa molekul relatif sukrosa yang memiliki rumus kimia C12H22O11?

Penyelesaian:

Molekul sukrosa terdiri dari 12 atom C, 22 atom H, dan 11 atom O, karena itu massa molekul relatif sukrosa adalah:

Mr C12H22O11 = (12 x Ar C) + (22 x Ar H) + (11 x Ar O)

                               = (12 x 12,01) + (22 x 1,01) + (11 x 16,00)

                               = 342,340

Tidak semua senyawa berbentuk molekul, tetapi ada juga senyawa yang tersusun dari ion – ion, misalnya NaCl. Senyawa NaCl tersusun dari ion Na+ dan Cl. Oleh karena itu, massa senyawa NaCl dinyatakan dengan massa rumus relatif, sebagai ganti istilah massa molekul relatif. Sedangkan perhitungan massa rumus relatif sama seperti cara penentuan massa molekul relatif.

Demikian tulisan mengenai massa molekul relatif, semoga bermanfaat …

Sumber:

Sunarya, Y.(2007). KIMIA UMUM Berdasarkan prinsip – prinsip kimia modern. Alkemi Grafisindo Press: Bandung.

Sudarmo, U.(2004). KIMIA SMA 1: Untuk SMA Kelas X. Erlangga: Jakarta

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *