NITROGEN CAIR DALAM PEMBUATAN ES KRIM

Setelah sebelumnya membahas nitrogen, kali ini akan dibahas salah satu kegunaan nitrogen atau manfaat nitrogen, yaitu nitrogen cair yang digunakan dalam pembuatan es krim. Simak selengkapnya di bawah ya. ^.^

NITROGEN CAIR DALAM PEMBUATAN ES KRIM

nitrogen cair untuk pembuatan es krim

Tren pengolahan es krim dengan menggunakan nitrogen cair atau biasa disebut LN2 (liquid nitrogen) tengah marak saat ini. Selain cepatnya proses pembuatan, konsep penyajian yang unik telah menarik perhatian banyak penikmat kuliner di Indonesia. Dahulu pembuatan es krim membutuhkan waktu yang lama, namun dengan LN2,kini es krim dapat dibuat dalam hitungan menit.

Pada dasarnya nitrogen (N2) berwujud gas dan didapatkan melalui proses industri. Akan tetapi, jika gas nitrogen didinginkan melalui proses cryogenic hingga suhu -196oC (-320oF), gas ini akan berubah wujud menjadi cair (LN2). Apabila suhu dinaikan kembali, LN2 (nitrogen cair) dapat kembali menjadi gas.

Proses pembuatan es krim nitrogen dilakukan dengan mencampurkan adonan es krim dengan LN2 (nitrogen cair) dalam alat pencampur bertenaga cepat. Saat pengadukan, nitrogen yang bersifat mudah menguap akan berubah kembali menjadi uap gas nitrogen yang dilepaskan ke udara, sedangkan suhu dingin yang ditunggalkannya akan menggumpalkan adonan es krim. Uap nitrogen yang dilepaskan ke udara merupakan bagian paling menarik dalam proses pembuatan es krim. Setelah dua menit es krim siap disajikan.

Walaupun terhitung mudah untuk dilakukan, pembuatan es krim dengan menggunakan LN2 (nitrogen cair) hanya dapat dilakukan dengan peralatan keamanan yang baik. Saat membuat es krim pastikan bahwa pembuat es krim menggunakan sarung tangan yang tahan terhadap bahan kimia dan LN2 (nitrogen cair) ditempatkan pada wadah yang aman. Tangan dapat menjadi kaku dan rapuh ika terpapar LN2 (nitrogen cair) dalam jumlah yang banyak. Hal ini tidak akan Anda rasakan jika jumlahnya hanya sedikit karena adanya efek Leidenfrost. Akan tetapi dalam jumlah yang banyak, Anda dapat mengalami gangguan kesehatan.

Demikian ulasan mengenai nitrogen cair yang merupakan salah satu manfaat nitrogen / kegunaan nitrogen. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

 

Sumber:

Sudarmo, U.(2015). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga: Jakarta

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *