PEMBUATAN ALKALI TANAH

Pembuatan alkali tanah dapat dilakukan melalui elektrolisis lelehan halida (biasanya klorida), atau melalui reduksi halida atau oksida. Magnesium yang secara komersial penting, diproduksi melalui elektrolisis leburan magnesium klorida.

 

Gambar. air laut, salah satu sumber logam magnesium pada pembahasan pembuatan alkali tanah
Gambar. Air laut, salah satu sumber logam magnesium

Air laut menyediakan sumber ion magnesium yang tidak habis-habisnya, dan rumah tiram yang banyak terdapat di laut menyediakan kalsium karbonat sebagai sumber yang diperlukan untuk mengisolasi ion magnesium. [silahkan baca juga keberadaan logam alkali tanah di alam]  Proses isolasi ini, dikembangkan oleh berbagai industri kimia. Jika rumah tiram dipanaskan, kalsium kabonat terutai membentuk oksida.

CaCO3(s) → CaO(s) + CO2(g)

Penambahan kalsium oksida (oksida basa) ke dalam air laut mengendapkan magnesium hidroksida.

Mg2+(aq) + CaO(s) + H2O(l) → Mg(OH)2(s) + Ca2+(aq)

Magnesium oksida disaring dan diolah dengan asam klorida untuk diubah menjadi magnesium klorida.

MgCl2(l) → Mg(l) + Cl2(g)

Produk samping gas klor dapat dijual atau dibakar dengan metana (gas alam) untuk membuat asam klorida menurut proses:

2CH4(g) + O2(g) + Cl2(g) → 8HCl(g) + 2CO(g)

Magnesium juga diperoleh dari magnesit atau dolomit melalui penguraian mineral tersebut membentuk MgO, selanjutnya mereduksi oksida tersebut dengan ferosilikon, suatu paduan antara besi dan silikon.

Pembuatan alkali tanah lainnya dilakukan dalam jumlah sedikit. Berilium dapat diperoleh dengan elektrolisis berilium klorida (BeCl2) dimana natrium klorida ditambahkan untuk meningkatkan daya hantar listrik lelehan garam. Namun, hampir semua berilium dibuat melalui reduksi fluoridanya oleh magnesium.

BeF2(l) + Mg(l) → MgF2(l) + Be(s)

Kalsium dibuat melalui elektrolisis lelehan kalsium klorida, dan melalui reduksi kalsium oksida oleh alumunium dalam keadaan vakum, dimana kalsium yang dihasilkan menguap.

3CaO(s) + 2Al(l) → 3Ca(g) + Al2O3(s)

Barium juga dihasilkan melalui reduksi oksidanya oleh alumunium. Walaupun stronsium sangat sedikit digunakan secara komersial, stronsium dapat diproduksi melalui proses yang serupa.

 

Demikianlah penjelasan mengenai pembuatan alkali tanah. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *