SENG, UNSUR YANG PENTING BAGI TUBUH

Meskipun jarang dibicarakan, ternyata seng merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, misalnya menjaga kesehatan rambut, menjaga sistem imun,d an masih banyak lagi. Simak selengkapnya di bawah ini.

MANFAAT SENG BAGI TUBUH

manfaat seng bagi tubuh
Tiram, salah satu makanan yang mengandung seng

Seng merupakan unsur golongan transisi dengan nomor atom 30. Unsur ini terletak pada golongan IIB dan periode 4 dalam sistem periodik unsur. Meskipun jarang dibicarakan, seng merupakan senyawa yang memegang peranan penting bagi dalam aktivitas sel. Seng banyak ditemukan dalam sistem syaraf, sistem kekebalan tubuh, jaringan darah, dan sistem pencernaan manusia. Unsur ini dapat mempercepat reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh dengan membangun aktivitas berbagai enzim berbeda. Selain dalam aktivitas sel, seng juga merupakan salah satu komponen penting dalam penyusunan DNA dan RNA.

Asupan seng yang cukup dapat memberikan manfaat langsung dalam kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kesehatan retina mata. Seng dapat mencegah efek penuaan retina mata, yang berakibat pada kebutaan atau rabun karena usia.
  • Menjaga imunitas tubuh. Unsur ini menjaga sel imun tetap aktif mengenali infeksi sekaligus menanggulanginya.
  • Membantu mempercepat peremajaan kulit. Diantaranya adalah mempercepat penyembuhan luka akibat terpotong atau terbakar.
  • Menjaga kesehatan rambut.
  • Memelihara kesuburan, terutama pada kaum pria. Seng berperan aktif dalam menjaga kondisi kelenjar prostat terhadap infeksi dan pembengkakan kelenjar.

Meskipun memiliki banyak manfaat, kelebihan dan kekurangan asupan unsur ini tidak baik untuk kesehatan. Kekuranga unsur ini dapat menyebabkan badan mudah terkena infeksi, rambut rontok, kehilangan selera makan, gangguan indera pengecap dan penciuman, kulit kasar atau berjerawat, dan pertumbuhan yang lambat pada anak. Di lain pihak, kelebihan unsur ini dapat menyebabkan diare, kram pada abdominal, dan kadang disertai dengan muntah-muntah. Akan tetapi tidak perlu khawatir jika asupan seng menjadi berlebih, karena sistem tubuh akan menghilangkan kelebihan seng dengan sendirinya.

Adapun sumber asupan seng antara lain tiram / kerang dan sebagian besar hewan laut bercangkang, daging merah (semakin pekat warnanya, semakin tinggi kadar sengnya), telur, susu, sereal, roti, kacang-kacangan, dan ikan. Asupan harian seng beragam sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Namun, nilainya tidak lebih dari 14 mg per hari, yang merupakan dosis harian ibu menyusui.

Demikian ulasan mengenai manfaat seng bagi tubuh.  Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

Sumber:

Sudarmo, U.(2015). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga: Jakarta

loading...
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *