SENYAWA ALKALI DAN KEGUNAAN SENYAWA ALKALI

Logam Alkali tidak stabil atau sangat reaktif, sehingga hanya ditemukan dalam senyawanya. Berikut akan dibahas Senyawa Alkali dan manfaat Senyawa Alkali.

SENYAWA ALKALI DAN KEGUNAAN SENYAWA ALKALI 

1. Oksida

Oksida logam alkali mempunyai rumus umum M2O, dan merupakan zat padat putih yang sangat reaktif terhadap air dan karbon dioksida.

M2O(s) + H2O(l)  → 2MOH(aq)

M2O(s) + CO2(g) → MaCO3(s)

Selain membentuk senyawa oksida, beberapa logam alkali (Na dan K) dapat membentuk peroksida (Na2O2, K2O2). Bahkan kalium dapat membentuk superoksida (K2O2). Superoksida digunakan sebagai zat penghasil oksigen pada tabung penyelam karena dapat terurai menghasilkan oksigen, serta K2O yang menyerap CO2 dari udara pernafasan.

4KO2(s) → 2K2O(s) + 3O2(g)

K2O(s) + CO2(g) → K2CO3(s)

2. Hidroksida

Logam alkali dapat  membentuk hidroksida secara langsung jika direaksikan dengan air.

2M(s) + 2H2O(l) → 2MOH(aq) + H2(g)      ∆H < 0

senyawa alkali
Reaksi natrium dengan air

Reaksi logam alkali dengan air merupakan reaksi eksoterm, dimana dari Li ke Cs reaksinya semakin hebat. Energi yang dihasilkan dapat membakar gas hidrogen yang dihasilkan sehingga meskipun reaksi terjadi di dalam air, akan tetap menyala.

3. Halida

Halida alkali yang banyak digunakan adalah NaCl dan KCl. Senyawa NaCl digunakan untuk membuat bahan kimia yang lain, misalnya gas klorin dan NaOH dari elektrolisis larutan NaCl. Dari NaOH, dapat dibuat NaHCO3 dan Na2CO3, serta bahan yang lain. KCl digunakan untuk pupuk kalium, dan diperoleh dari penguapan air laut.

4. Karbonat

Natrium karbonat (Na2CO3) dikenal dengan soda abu dan digunakan sebagai bahan baku pada pembuatan (gelas). Natrium karbonat diproduksi dengan pemanasan batuan trona yang mengandung Na2CO3.NaHCO3.2H2O, atau dari proses Solvay. Kalium Karbonat atau potasium (apotas) digunakan dalam proses penyepuhan emas untuk membentuk senyawa kompleks dengan emas.

5. Sulfat

Natrium sulfat dan kalium sulfat merupakan senyawa sulfat yang penting dari golongan alkali. Natrium sulfat sering disebut dengan garam Glauber dan digunakan sebagai penyimpan panas matahari sehingga dapat mempertahankan suhu di dalam rumah agar tetap hangat. Proses penyimpanan panas ini terjadi akibat adanya panas pelarutan Na2SO4. Proses pelarutan Na2SO4 adalah endoterm dan proses sebaliknya adalah eksoterm. Pada siang hari Na2SO4.10H2O akan melarut arena adanya panas yang diterima. Pada saat tidak ada panas matahari, Na2SO4.10H2O akan mengkristal sambil melepas kalor yang semula digunakan untuk melarut.

Demikian ulasan mengenai Senyawa Alkali dan Kegunaan senyawa alkali. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

Sumber:

Sudarmo, U.(2015). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XII. Erlangga: Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *