HIDROKARBON : PENGERTIAN SENYAWA HIDROKARBON & KEGUNAAN HIDROKARBON

Hidrokarbon merupakan senyawa organik paling sederhana. Mengenai senyawa karbon ini akan dibahas mengenai pengertian senyawa karbon dan kegunaan hidrokarbon.

HIDROKARBON

Kelompok senyawa karbon yang paling sederhana adalah hidrokarbon. Salah satu contoh kegunaan hidrokarbon dalam kehidupan sehari – hari adalah elpiji.

hidrokarbon - LPG

A. Pengertian Senyawa Hidrokarbon

Senyawa hidrokarbon adalah senyawa karbon yang tersusun dari atom kabon dan hidrogen. Hidrokarbon yang paling sederhana adalah metana, yang terdiri dari satu atom karbon dengan empat atom hidrogen (CH4). Metana merupakan molekul yang mempunyai struktur ruang tatrahedron dengan atom karbon sebagai atom pusatnya dan atom hidrogen yang terdapat pada keempat sudutnya. Untuk mempermudah, struktur tersebut diproyeksikan ke dalam bidang datar. Berikut struktur Metana

hidrokarbon - struktur metana
(a) model metana, (b) proyeksi molekul metana, (c) struktur ruang metana

Berdasarkan ikatan yang terdapat pada rantai karbonnya, hidrokarbon dibedakan menjadi:

  1. hidrokarbon jenuh, yaitu hidrokarbon yang pada rantai karbonnya semua berikatan tunggal. Hidrokarbon ini disebut juga sebagai alkana.
  2. Hidrokarbon tak jenuh, yaitu hidrokarbon yang pada rantai karbonnya terdapat ikatan rangkap dua atau tiga. Hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap dua disebut dengan alkena dan hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap tiga disebut dengan alkuna.

Dalam pembahasan hidrokarbon, biasanya yang dibahas adalah:

  1. Alkana
  2. Alkena
  3. Alkuna

Karena akan sangat panjang jika dibahas semua, maka penjabaran ketiganya dibahas secara terpisah, silahkan klik masing – masing link di atas.

B. Kegunaan hirdokarbon

1. Kegunaan Alkana

Alkana digunakan sebagai bahan bakar. Manfaat utama alkana diantaranya:

a. Metana merupakan senyawa utama yang terkandung dalam gas alam cair atau LNG (Liquefied Natural Gas). Gas alam banyak digunakan sebagai bahan bakar di industri rumah tangga.

b. Alkana dengan jumlah atom karbon 2 (etana) sampai 5 (pentana) terkandung dalam LPG (Liquefied Petroleum Gas) atau lebih dikenal sebagai elpiji. Elpiji digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga.

c. Butana digunakan sebagai pengisi korek api.

d. Oktana merupakan senyawa utama yang terkandung dalam bensin. Bensin digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

e. Selain digunakan sebagai bahan bakar, alkana juga dimanfaatkan sebagai pelarut non polar yang dapat melarutkan senyawa senyawa non polar.

f. Lilin dan aspal merupakan senyawa alkana suku tinggi (rantai karbonnya mencapai lebih dari 20 atom karbon). Lilin digunakan dalam berbagai industri tekstil (untuk membatik) sedangkan aspal digunakan untuk pengerasan jalan.

2. Kegunaan alkena dan alkuna

a. Plastik

Molekul molekul etena dapat bergabung memmbentuk polietena, yaitu suatu polimer yang digunakan untuk membuat peralatan dari plastik. Demikian juga molekul molekul propena dapat bergabung membentuk polipropena yang digunakan untuk membuat peralatan masak dan serat sintetis. Berikut reeaksi pembentukan polietena dan polipropena.

hidrokarbon - polietena dan polipropena
polietena dan polipropena

b. Karet alam dan getah perca

Alkena alami yang banyak dimanfaatkan yaitu karet dan getah perca. Karet (dicampur dengan belerang) digunakan untuk membuat ban kendaraan, sedangkan getah perca untuk bahan insulasi. Karet alam dan getah perca merupakan polimer dari molekul 2-metil-1, 3-butadiena atau isoprena. Perbedaan getah perca dan karet alam adalah pada struktur ruangnya. Getah perca merupakan senyawa trans-2-metil-1,3-butadiena, sedangkan getah perca merupakan senyawa cis-2-metil-1,3-butadiena.

hidrokarbon - isoprena, getah karet, getah perca

c. Las Karbit

Etuna atau lebih dikenal dengan asetilena merupakan gas yang dihasilkan jika karbid (kalsiumkarbida) direaksikan dengan air. Gas ini sering digunakan sebagai bahan bakar untuk proses pengelasan.

       CaC2    +      2H2O    →     Ca(OH)2  +    C2H2

Kalsium karbida                        Etuna

Demikian ulasan mengenai senyawa karbon, baik mengenai pengertian senyawa hidrokarbon ataupun kegunaan hidrokarbon. Jika ada masukan, saran ataupun pertanyaan silahkan berkomentar ya. Semoga bermanfaat…..

Sumber:

Sudarmo, U.(2013). KIMIA: Untuk SMA/MA Kelas XI, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Erlangga: Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *